RSS

kerja tower air (menara air)

20 Mar

 

menara air adalah sebuah kontainer penyimpanan air besar yang ditinggikan yang dibangun untuk menampung persediaan air pada tinggi yang cukup untuk memberi tekanan pada sistem distribusi air. Pemberian tekanan terjadi melalui peninggian air; untuk setiap ketinggian 10.20 sentimeter (4,016 in), air memberi tekanan sebesar 1 kilopascal (0,145 psi). Ketinggian 30 m (98,43 kaki) menghasilkan tekanan sebesar 300 kPa (43,511 psi), tekanan yang cukup untuk mengoperasikan dan memenuhi persayaratan sistem distribusi dan tekanan air domestik.

Pengguna pasokan air (kota, pabrik, atau bangunan) harus memiliki tekanan air untuk menjaga keamanan pasokan air. Jika suplai air tidak bertekanan cukup, maka bisa terjadi:

1. Air tidak dapat mencapai lantai atas sebuah gedung
2. Keran tidak dapat mengeluarkan air karena tidak cukup aliran
3. Mengurangi ketergantungan air tanah. Air Tanah biasanya tercemari dengan mikroorganisme , debu, pasir, pupuk , dan terkotaminasi zat beracun lainnya.

 

Menara air dapat memasok air bahkan ketika listrik padam, karena mereka bergantung pada tekanan yang dihasilkan oleh ketinggian air. Tapi tidak bisa dalam waktu yang  lama padamnya, karena pompa airnya juga butuh listrik buat mengaliri air ke menara.

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 20, 2011 in FISIKA

 

3 responses to “kerja tower air (menara air)

  1. aji sokaroni

    Maret 23, 2011 at 4:11 pm

    tadi kan disebutkan kalo ketinggian ketinggian 10.20 sentimeter (4,016 in), air memberi tekanan sebesar 1 kilopascal (0,145 psi).
    Ketinggian 30 m (98,43 kaki) menghasilkan tekanan sebesar 300 kPa (43,511 psi),
    itu rumus empirisnya gmn ya? saya lupa nih..

    habis tu ketinggian tanki air akan mempengaruhi daya pompa?

    tolong informasinya ya… makasih,,,

     
  2. aji sokaroni

    Maret 23, 2011 at 4:12 pm

    ralat

    tadi kan disebutkan kalo ketinggian ketinggian 10.20 sentimeter (4,016 in), air memberi tekanan sebesar 1 kilopascal (0,145 psi).
    Ketinggian 30 m (98,43 kaki) menghasilkan tekanan sebesar 300 kPa (43,511 psi),
    itu rumus empirisnya gmn ya? saya lupa nih..

    habis tu ketinggian tanki air apa akan mempengaruhi daya pompa?

    tolong informasinya ya… makasih,,,

     
    • sitifadhilatunnisha

      Maret 24, 2011 at 11:47 am

      nahh saya ngga tau mas . asal nulis aja,, tgs skul ini cz wkwwkwwwkkkwkk

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: