RSS

BALON UDARA

01 Mar

 

DULU  balon udara terbuat dari kertas atau sutra berminyak, kemudian berkembang. Namun yang paling fenomenal adalah penemuan karet sebagai bahan baku pembuatan balon. Bahkan, dengan bahan karet saja tak cukup, lantas ditemukan balon dengan menggunakan lapisan tekstil.

Balon udara mengembang karena diisi udara panas. Ada pula yang menggunakan gas batu bara atau hidrogen. Dengan begitu balon akan melayang bebas di udara. Untuk menaikkan atau menurunkan balon dapat dilakukan dengan menambah atau mengurangi gas yang mengisi ruang balon.

 

apa yang terjadi hingga balon naik atau turun sesungguhnya mengikuti hukum Archimedes. Persisnya begini : gaya apung yang diterima oleh suatu benda yang melayang di suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkannya.

Balon udara memiliki ketinggian yang tak berawak, biasanya bila diisi dengan helium atau hidrogen yang  dilepaskan, umumnya mencapai antara 60.000 sampai 120.000 kaki (18-37 km). Ketinggian balon tak berawak, biasanya diisi helium atau hidrogen yang dilepaskan ke stratosfer, umumnya mencapai 60.000  Sampai 120.000 ANTARA kesemek (18-37 km. Tujuan lain digunakan sebagai platform percobaan di bagian atas atmosfer.

Pada Oktober 1972, telah diluncurkan Balon Winzen yaitu Balon Udara berbentuk kubus tanpa awak dengan volume 1,25 juta M3 di Chico, California, AS., dan berhasil terbang sampai ketinggian 51,8 kilometer yang merupakan rekor terbang tertinggi yang dicapai balon udara.

 

Nah itu tadi penjelasan mengenai balon udara yang menggunakan prinsip Hukum Archimedes.

sumber : http://keyshani.wordpress.com/2007/06/04/balon-udara

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 1, 2011 in FISIKA

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: